Kambing Boerawa, Kambing Pedaging Ternak Unggulan





Kambing Boerawa ialah tipe kambing akibat persilangan antara Kambing Boer jantan dan kambing Peranakan Etawa (PE) betina yg kini mulai dilirik sebab tergolong komoditi unggulan ternak pedaging.

Kambing Boerawa mempunyai profil badan yg lebih besar daripada kambing PE dan menghasilkan daging yg lebih tidak sedikit jadi bisa menjadi opsi allternatif dibandingkan wajib membeli tipe Kambing Boer yg harganya mahal di pasaran.

Berikut ini ialah berbagai faktor mengenai Kambing Boerawa yg wajib kamu ketahui:

Ciri-ciri Kambing Boerawa

Kambing Boerawa mempunyai bentuk tubuh yg lebih besar dan tinggi. Kambing ini juga mempunyai tingkat produktivitas dan nilai daging paling baik dibandingkan dengan tipe Kambing Etawa ataupun Peranakan Etawa (PE).

Kambing ini mempunyai genetik yg lebih dekat dengan tipe kambing PE tetapi telinganya lebih pendek, bobot badan yg lebih besar dan padat dibandingkan dengan tipe kambing PE.

Pertumbuhan Badan Cepat

Kambing Boerawa mempunyai bentuk tubuh yg lebih besar dan tinggi. Kambing ini juga mempunyai tingkat produktivitas dan nilai daging paling baik dibandingkan dengan tipe Kambing Etawa ataupun Peranakan Etawa (PE).

kambing boerawa

Kambing ini mempunyai genetik yg lebih dekat dengan tipe kambing PE tetapi telinganya lebih pendek, bobot badan yg lebih bessar dan padat dibandingkan dengan tipe kambing PE. 

Bobot Badan Lahir Besar

Bukan hanya pertumbuhan badan yg cepat, kambing ini juga mempunyai bobot badan lahir yg lebih besar yg ditularkan dengan cara genetic dari Kambing Boer. Persilangan antara boer dan PE telah menghasilkan keturunan Kambing Boerawa menambah bobot badan lahir sebesar 15,6% dan 10,07% pada ketika sapih.

Bobot badan lahir pada Kambing Boer berkisar antara 2,9 – 3,86 kg, penyapihan dengan bobot 19,8 kg dan pada umur 1 tahun telah sanggup mencapai bobot badan 40,9 kg. Namun faktor ini juga dipengaruhi oleh berbagai factor semacam nutrisi, lingkungan, dan iklim. Adapun lama kebuntingan pada Kambing Boerawa kurang lebih 159 hari dengan jumlah kelahiran 1,62 ekor.


Baca juga: Yuk, Kenali Potensi Ternak Kambing di Indonesia


Alternatif Pengganti Kambing Boer

Kambing Boerawa ialah upaya yg dilakukan berfungsi untuk memperoleh nilai dan mutu dari tipe Kambing Boer yg selagi ini populer dengan harganya yg mahal. Menurut Asosiasi Kambing Boer Amerika bahwa kambing boer mempunyai nilai daging yg rendah lemak jahat dan lemak jenuh, dan daging yg lebih empuk, enak dan sehat.

Diketahui bahwa kandungan lemak jenuh pada kambing boer yakni berkisar kadar lemak jenuh daging Kambing Boer berkisar 0,79 gram dibandingkan dengan tipe daging lainnya yakni daging ayam 1,1 gram, daging sapi 6,8 gram, daging domba 7,3 gram, dan daging babi 8,3 gram.

Harga Kambing Boer di pasaran tergolong yg lumayan mahal, harganya bisa mencapai Rp 10.000.000 – Rp 20.000.000/ekor yg pastinya telah bisa dipakai untuk membeli sapi. Pemeliharaan umur 5 – 6 bulan dilakukan dengan baik telah sanggup mencapai bobot badan 35 – 45 kg dengan rata – rata pertumbuhan 0,02 – 0,04 kg per hari.

Kambing Boer jantan bisa mencapai bobot badan 120 – 150 kg di umur 2 – 3 tahun tetapi pada kambing betina di usia tersebut mencapai bobot berat 80 – 90 kg.

Komentar