5 Obat untuk Mengatasi Ayam Ngorok dengan Mudah







Bagaimana tutorial menanggulangi ayam ngorok? Apa saja obat-obat yg mampu digunakan? Berikut  informasinya.

Mengatasi Ayam Ngorok

Peternak ayam absolut sempat mengalami beberapa gangguan penyakit pada ayam peliharaannya. Salah satu penyakit yg mampu menjangkit ayam merupakan ‘ngorok’. Penyakit ngorok alias Chcronic Respiratory Disease (CRD) dikenal juga sebagai penyakit flu dan pilek pada ayam.


Penyakit ini menyerang sistem pernapasan ayam yg dikarenakan bakteri jadi memunculkan bunyi ketika ayam bernapas. Saat ayam bernapas, udara masuk melewati rongga hidung dan bulu getar (silia) yg ada pada rongga hidung akan menyaring partikel debu alias bibit penyakit yg ikut tercampur dan terbawa dalam udara.


Kerugian yg diakibatkan dari penyakit ‘ngorok’ ini mampu berbentuk kematian, pertumbuhan lambat, produksi telur menturun bahkan terhenti sama sekali. Selain itu ayam yg sempat terserang penyakit mampu menjadi sumber penyakit bagi ayam lainnya.


Pada trik kali ini, kami akan mengulas tutorial menanggulangi ayam ngorok. Simak penjelasannya dibawah ini.


1. Bawang putih

Bawang putih biasanya dikenal sebagai bumbu dapur, tapi nyatanya di tangan peternak ayam, terutama peternak ayam Bangkok justru dimanfaatkan sebagai obat alamiah untuk menanggulangi ayam ngorok. Bawang putih sendiri mengandung zat aktif yg bersifat anti bakteri dan antiradang (anti inflamasi). Zat anti bakteri pada bawang putih mampu menolong melenyapkan bakteri penyakit yg ada pada saluran pernapasan, dan anti radang (anti inflamasi) akan menghapus lendir dampak peradangan.

Cara penggunaan:


Parut bawang putih, ambil sarinya.

Campurkan sari bawang putih dengan sedikit air hangat.

Beri ramuan pada ayam yg sakit.

Lakukan 2 kali sehari, pagi dan sore.

2. Belimbing wuluh

Selain untuk bahan masakan, belimbing wuluh juga dipercaya mampu menanggulangi ayam ngorok. Buah yg tak jarang disebut belimbing sayur ini mengandung tak sedikit Vitamin C, Vitamin B, zat besi, serat, sampai antioksidan yg sangat baik untuk menanggulangi ayam ngorok.


Cara penggunaan:


Korok ayam memakai dengan air hangat.

Ambil 1 buah belimbing wuluh dan peras sarinya.

Beri ramuan pada ayam yg sakit.

Lakukan sekali sehari, pagi alias sore.

Baca juga : 4 Tips Ternak Ayam Joper, Peluang Bisnis yg Menguntungkan


3. Buah mengkudu

Buah mengkudu mempunyai karakter anti bakteri, parasit, dan jamur yg mampu mengakibatkan penyakit kulit. Zat scolopetin dalam buah mengkudu mampu menyembuhkan radang kulit sampai menanggulangi ayam ngorok.


Cara penggunaan:


Ambil buah mengkudu yg telah matang.

Cuci lalu iris-iris tipis.

Rebus sampai mendidih dan dinginkan.

Beri ramuan pada ayam yg sakit.

Lakukan sekali sehari, pagi alias sore.

Sebaiknya ayam jangan diberi makan dulu, dikala akan diberi buah mengkudu.

4. Daun sirih

Daun Sirih merupakan tanaman yg telah menjadi tahap dari salah satu adat Indonesia. Daun sirih juga memang sangat bermanfaat untuk menanggulangi ayam ngorok sebab mempunyai beberapa kandungan zat baik semacam minyak atsiri, karoren, asam nikotinat, riboflavin, dan tiamin.

Cara penggunaan:


Ambil daun sirih lalu cuci bersih.

Rebus dengan satu gelas air bersih lalu saring.

Campur air rebusan dengan satu perasan jeruk nipis.

Beri ramuan pada ayam yg sakit.

Lakukan dua kali sehari, pagi dan sore.

Baca juga : Cara Ternak Ayam Bangkok Aduan Bagi Pemula


5. Jeruk nipis

Jeruk nipis tak hanya tak jarang dipakai sebagai obat dan bahan kuliner bagi manusia, jeruk nipis nyatanya berguna menanggulangi ayam ngorok. Jeruk nipis sendiri mengandung mengandung flavonoid, semacam poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin yg bermanfaat untuk kesehatan ayam.


Cara penggunaan:

Ambil jeruk nipis yg telah dicuci.

Peras jeruk nipis.

Campur perasan jeruk nipis dengan kecap manis.

Beri ramuan pada ayam yg sakit.

Lakukan sekali sehari, pagi alias sore.

Selain memperhatikan asupan makanan, penting sekali memelihara kebersihan sangkar supaya udara yg tersedia dikandang berkualitas dan bersih. Pengaturan sangkar ayam, suhu, kelembapan, dan ventilasi sangkar haruslah baik sebab sangat berpengaruh pada nilai udara. Udara yg bersih absolut mampu menghindarkan ayam dari beberapa penyakit tergolong menanggulangi ayam ngorok.

Komentar