Mengenal Sapi Belgian Blue dengan Bobot Dapat Mencapai 1 Ton


 

Sapi Belgian Blue

Sapi Kekar Bobot Bisa Mencapai 1 Ton

Sapi Belgian Blue merupakan salah satu tipe sapi persilangan yg diketahui bersumber dari persilangan breed Shorthorn dan Charolais yg mulai dikembangkan oleh Pemerintah Belgia semenjak tahun 1960an. Sapi tipe ini pun mulai dikembangkan di Indonesia melewati Balai Embrio Transfer (BET Cipelang).


Pengembangan sapi tipe ini sebetulnya sudah dilakukan oleh LIPI dan PT. KAR semenjak tahun 2015 lalu berlokasi di Rumpin Bogor. Penelitian ini berusaha untuk melakukan persilangan antara Sapi Belgian Blue dengan sapi betina dari tipe Sapi Sumba Ongole. Pemuliaan memperlukan waktu 15 – 20 tahun, pengembangan 3 – 5 tahun hingga bibit siap didistribusikan.


Berikut ini merupakan berbagai faktor yg luar biasa dari Sapi Belgia Blue.


Sapi Berotot dan Berbadan Besar

Sapi Belgian Blue dikenal sebab mempunyai otot dan badan yg besar dari sapi potong pada umumnya. Sapi ini diketahui mempunyai perototan ganda (double muscle) yg terjadi sebab hipertrofi otot dikarenakan mutasi genetik myostatin (GDF-8). Sapi ini sanggup menghasilkan karkas 80 % dan meat yield yg dikabarkan mencapai 85 %.


Kelemahan yg mungkin kalian temukan pada daging sapi ini ialah dagingnya berwarna lebih pucat, nilai karkas rendah dan daya ikat air yg tak lebih sebab pengaruh protein turn over, dan penampakan eksterior yg memperlihatkan sapi ini lebih terkesan berotot dan kekar.


Bobot Badan Mencapai 1 Ton

Faktor lainnya yg membikin Sapi Belgian Blue luar biasa ialah bobot badanya yg sanggup mencapai rata – rata 1 ton, untuk sapi jantan sanggup mencapai bobot badan 1.100 – 1.250 kg setinggi 1,45 – 1,50 m sedangkan sapi betina mencapai bobot badan 850 – 900 kg setinggi lebih dari 1,40 m.

Lebih Jinak

Bila dilihat dari penampilannya dengan cara eksterior jadi bisa dipastikan bahwa sapi ini akan liar dan sangat susah untuk dikendalikan, apalagi dengan otot dan badan yg dimilikinya lumayan besar dibandingkan dengan sapi pada umumnya. Namun perdiksi itu salah besar, sebab sapi ini lebih jinak dan sangat bersahabat.

Keuntungan Ganda (Dwifungsi)

Pemeliharaan Sapi Belgian Blue tidak hanya menghasilkan daging nyatanya juga bisa menghasilkan produksi susu yg lumayan melimpah. Dalam satu kali periode laktasi sapi ini sanggup menghasilkan 4.000 liter susu dengan 3,23% protein dan 3,48% lemak.


Kelemahannya dalam pemeliharaan dengan tujuan penghasil susu lumayan susah untuk melakukan pemerahan pada ambing dikarenakan ambingnya jauh lebih kecil dari sapi lainnya dan tersembunyi oleh struktur tubuh dan ototnya.


Kebutuhan dan Konversi Pakan

Pemeliharaan sapi ini memperlukan tipe pakan yg tak sama dengan sapi lainnya dikarenakan bobot kulit dan jeroan   hanya 15% dari bobot tubuhnya. Pakan yg terbaik untuk ternak ini ialah konsentrat, biji – bijiann dan serealia mesikipun akan menghabiskan lebih tak sedikit anggaran dibandingkan dengan tipe sapi lainnya.

 

Namun faktor tersebut seimbang dengan pola pertumbuhan sapi ini yg relative lebih cepat dibandingkan dengan sapi pada umumnya.


Proses Kelahiran Dibantu Operasi Caesar

Proses kelahiran pada sapi ini wajib dibantu dengan operasi Caesar, dikarenakan saluran reproduksi betina (vulva) tak lumayan muat untuk melakukan kelahiran normal. Tentu saja ini bermasalah untuk peternak dengan tujuan pembibitan sebab memerlukan anggaran untuk melakukan operasi Caesar dengan bantuan Dokter Hewan.

Komentar