Ayam Serama, Ayam Yang Banyak Disukai Masyarakat Indonesia

 Ayam Serama adalah salah satu tipe ayam hias yg mempunyai tak sedikit penggemar di seluruh dunia dan mulai dilirik sebagai oleh masyarakat penggemar ayam di Indonesia. Walaupun ayam kate populer sebab mempunyai bentuk badan yg kecil jadi kalian akan kaget menonton porsi ukuran tubuh Ayam Serama yg jauh lebih kecil lagi.


Ayam ini mulai populer di dunia dengan ukuran tubuhnya yg super mini dan adalah spesies ayam terkecil di dunia.  Ayam Serama adalah ayam hasil persilangan dari beberapa percobaan tipe ayam. Dimulai pada tahun 1973, persilangan antara Ayam Kapan dan Ayam Silkie tetapi hasilnya belum sesuai andalan sebab kakinya yg lebih panjang.

ayam serama

Percobaan lainnya dilakukan pada tahun 1980 antara Ayam Kapan dengan Ayam Kate dari Jepang tetapi hasil yg diperoleh tak sesuai ekspektasi, pasalnya persilangan tersebut menghasilkan tipe Ayam Kate yg berkaki panjang.




Barulah pada tahun 1988, percobaan selanjutnya antara hasil persilangan (ayam local melayu) dengan tipe ayam opsi dari Jepang menghasilkan tipe ayam baru yg ditemukan oleh Dokter Hewan Wee Yean Een dari Kelantan. Selanjutnya dirinya pula yg menyampaikan nama Ayam Serama tersebut dengan mengacu pada salah satu watak dalam wayang kulit melayu.

CIRI-CIRI AYAM SERAMA

Selain pendek, ciri – ciri lainnya dari Ayam Serama yg butuh kalian ketahui yakni: ukuran tubuhnya yg hanya sekepal tangan orang-orang dewasa, beratnya kurang lebih 300 gram/ekor, suka pamer dan membusungkan dada, dan sayapnya yg panjang bisa rutin menyentuh tanah.


Pada ketika berjalan, ayam ini akan membusungkan dadanya dengan segera membawa dada dan berlangsung dengan meluruskan ekornya tegak ke atas hingga 900 lalu akan mengibaskan sayapnya hingga menyentuh tanah.

ayam serama gagah

Ayam Serama pertama kali dipopulerkan di dunia Internasional pada tahun 1990 lalu akhirnya pada tahun 2000 tipe ayam ini mengalami puncak keemasannnya. Namun seiring waktu, pada tahun 2004 popularitasnya meredup dampak maraknya virus flu burung.

Kini popularitasnya mulai bangkit kembali dengan makin bertambahnya jumlah penggemar dan peminatnya mulai berkembang bahkan beberapa mulai tak sedikit yg memperkenalkan tipe Ayam Serawa melewati website online.

Harga Ayam Serama terus meroket berdasarkan terus kecilnya ukuran dan proporsional. Harganya dipatok mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 5,5 juta per ekornya. Beberapa tipe Ayam Serama bahkan bisa menyentuh angka Rp 20 juta hingga Rp 30 juta jikalau tampilannya terbukti luar biasa dan bagus. Ditambah bulunya yg menterang sanggup menembus angka Rp 50 juta.

JENIS – JENIS AYAM SERAMA 

Ayam Serama mempunyai proporsi tubuh yg lebih mungil dan kecil dibandingkan dengan tipe ayam lainnya semacam Ayam Kate. Adapun bentuk tubuh dari tipe Ayam Serama ialah:

Tipe slim, tipe tipe ini sesuai Namanya mempunyai bentuk badan yg lebih langsing, dengan bentuk tubuh yg bisa berdiri tegak. Umumnya, berat badan tipe ini mempunyai bobot badan 300 gram yg setara dengan merpati local.

Tipe apple, ayam tipe ini lebih mirip berbentuk bundar dengan sayap yg menjuntai ke bawah. Kelebihan lainnya merupakan dadanya yg melebar membusung ke bawah dengan kepala sedikit ditarik ke belakang jadi mempunyai jarak yg dekat dengan ekornya.

Tipe ideal, tipe ayam ini adalah ayam hasil penyempurnaan dua bentuk sebelumnya yakni tipe slim dan tipe apple. Ayam ini lebih tak jarang membusungkan dadanya ke atas dengan kaki yg lebih ramping dan sayap yg lebih menyuntai ke bawah. Wajar jikalau ayam ini lebih tak jarang memperoleh juara dalam ajang kontes.

Semoga bermanfaat.

Komentar