5 Jenis Pakan Terbaik untuk Merpati

Burung merpati tergolong kedalam tipe burung yg tidak sedikit dipelihara oleh masyarakat baik sebagai burung balap, burung hias, sampai burung pedaging. Untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang burung merpati, jadi ada beberapa sudut yg wajib diperhatikan semacam pemberian pakan merpati yg terbaik.

Ragam Jenis Pakan Berkualitas untuk Burung Merpati
Anda mampu memakai beragam tipe biji-bijian sebagai pakan merpati. Walaupun begitu, pemberian pakan pasti wajib selektif jadi burung merpati mampu tumbuh dan berkembang dengan optimal.



pakan merpati

Lalu tipe biji-bijian apa yg tepat dijadikan sebagai pakan burung merpati dan mampu menambah tumbuh kembangnya? Ini dirinya ulasannya

1. Beras Merah
Beras merah mempunyai beragam kandungan yg sangat berguna bagi burung merpati yaitu vitamin B1. Oleh sebab itu pemberian beras merah sebagai pakan burung merpati mampu menawarkan beragam fungsi antara lain menguatkan beragam organ, menambah stamina, dan menanggulangi perasaan cepat lelah pada burung.


 
 2. Padi alias Gabah
Gabah alias padi juga mampu menjadi opsi pakan merpati yg berkualitas. Kalian mampu menawarkan tipe pakan ini ketika sedang memasuki animo panen padi sebab bahan pakan yg satu ini sangat mudah ditemukan.

Namun apabila Kalian tinggal di kota dan susah menemukan penjual gabah alias padi, jadi pilihlah tipe pakan lain yg tidak kalah keren kualitasnya.


  3. Jagung
Jagung ialah salah satu tipe pakan yg sangat familiar dan tidak jarang dijadikan sebagai pakan burung. Jagung sendiri tergolong kedalam tipe pakan yg mudah didapatkan dan dipasarkan dengan harga sangat terjangkau.

Dari beragam tipe jagung, jagung madura ialah tipe pakan paling baik untuk burung merpati. Berikan pipilan jagung sebanyak 2 kali sehari untuk memenuhi asupan pakan burung merpati tiap harinya.

 4. Kacang-Kacangan
Pakan berkualitas lain yg mampu diberikan terhadap burung merpati ialah kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan yg mampu dijadikan pakan burung merpati antara lain kacang hijau, kacang kedelai, dan juga kacang tanah.

Kacang Kedelai
Kacang kedelai mempunyai beragam fungsi dan kandungan lengkap semacam vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, dan juga vitamin E. Oleh sebab itu tidak heran apabila biji-bijian yg satu ini sangat tepat diberikan sebagai pakan burung merpati.

Kacang Hijau
Kacang hijau mempunyai beragam kandungan lengkap yg sangat baik bagi burung merpati diantaranya sumber protein, sumber serat, mineral dan juga omega.

Kacang Tanah
Kacang tanah kaya akan kandungan lemak, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, dan juga zat logam jadi keren dipakai sebagai salah satu sumber pakan berkualitas bagi burung merpati.

5. Batu alias Kerikil
Walaupun bukan dikonsumsi sebagai pakan, melainkan Kalian juga mampu menawarkan batu alias kerikil untuk merpati. Fungsi dari kerikil alias batu kecil ini mirip semacam gigi pada manusia. Burung merpati akan menyimpan kerikil yg mereka makan di tahap tembolok untuk menolong penghancuran makanan yg mereka makan.

Itulah tadi beragam tipe pakan merpati berkualitas yg mampu menjadi opsi untuk menambah tumbuh kembang merpati. Dengan menawarkan tipe pakan yg tepat, tumbuh kembang burung merpati pasti mampu ditingkatkan lebih optimal. Semoga mampu menjadi info bermanfaat. Selamat mencoba!

Komentar